Inisiatif DLH Pakai Operasional Rutin Uji Coba Tanam Koli dan Pinang

Tiakur, EXPO MBD

Uji coba tanaman koli dan pinang oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Tahun 2023, pada Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota Tiakur merupakan inisiatif OPD. Menggunakan anggaran operasional rutin kantor, bukan dianggarkan dalam kegiatan khusus Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sebagai tanaman pembentuk RTH taman kota Tiakur.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dalma Eoh ketika diwawancarai wartawan di ruang kerjanya, Jumat (22/03/2024). Uji coba dilakukan dengan cara menanam koli berukuran besar, yang telah dipotong atau mutilasi akarnya sebelum ditanam. Begitu juga anakan pinang ditanam pada lokasi yang bukan merupakan kondisi idealnya pada kondisi tanah yang lembab.

Ia menjelaskan, dengan perlakuan tanam yang diberikan tidak biasa atau tidak lazim dilakukan sesuai syarat tumbuh kedua jenis tanaman tersebut.

Kegiatan ujicoba ini, belum sempat mendapatkan hasil yang baik. Mungkin saja pemberian perlakuan tanam yang belum tepat. Disamping itu, membutuhkan beberapa kali ujicoba untuk dapat memastikan apakah kedua jenis tanaman koli dan pinang dapat dipakai sebagai tanaman pembentuk RTH di Kota Tiakur, ujarnya.

Lebih lanjut ia mangatakan, penanaman untuk tanaman koli kurang lebih ada sebanyak 17 pohon dan pinang sebanyak 24 anakan, tentunya masih bisa dijangkau dengan menggunakan anggaran operasional rutin kantor.

Bahan Bakar Minyak (BBM) mobil sampah milik dinas yang dipakai untuk mobilisasi dan makan-minum pegawai yang bekerja diambil dari dana operasional rutin dinas. Sementara tanaman diberikan gratis masyarakat, sehingga tidak ada transaksi jual-beli. Alat bantu guna memindahkan tanaman, gratis dari pinjaman tiang gawang dan Trakel milik OPD lain, ungkapnya.

Pemilihan kedua jenis tanaman tersebut, disesuaikan dengan komoditi spesifik lokal di Kabupaten MBD, karena hasil produksinya sejak dahulu selalu dipergunakan dalam proses adat-istiadat, sehingga dapat mencerminkan kearifan lokal di wilayah MBD, ujarnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan