Hercules Itu “Preman” Kemanusiaan

Tiakur, EXPO MBD

Kehadiran Hercules Rosario Marshal alias Hercules di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), bukan “preman” berkonotasi negatif tanah abang mendampingi pasangan Nikolas Johan kilikily dan Desianus Orno dengan akronim “Kalwedo”. Tetapi “preman” berkonotasi positif yang bergerak di dalam bidang kemanusiaan. “Preman” yang membantu orang miskin, membela kebenaran dan melawan kejahatan.

Hal ini disampaikan Dewan Penasehat Tim Pemenangan pasangan “Kalwedo”, Adolf Saleky dalam jumpa pers yang digelar di kafe penginapan Tiakur Beach Inn di bilangan Tiakur, selasa (08/09). “Preman” dimaksud adalah orang-orang yang bergerak pada ruang dan waktu yang tidak dibatasi. Sedangkan Unifrom (Seragam) adalah orang-orang yang sepak terjangnya dibatasi ruang dan waktu.

Dikatakannya, “preman” kemanusiaan karena pada setiap bulan memberi makan sebanyak 3.000 anak yatim piatu dalam kurun waktu kurang lebih 15 tahun berjalan. Membantu korban bencana alam dan bencana non alam seperti di Jakarta, Yogyakarta, Tasikmalaya dan lainnya. Bahkan di kota Ambon masih berkesempatan membagi beras saat HUT GPM ke-85 dan HUT Kota Ambon ke-445.

Berbeda dengan “preman” yang lewat kewenangan dan kapasitas, memerintah serta memaksaan hak kepada orang lain yang bukan haknya. Menebarkan kejahatan dan kebencian. Misalnya “Saya punya hotel dan saya diperintahkan untuk mengeluarkan tamu-tamu hotel saya, padahal hotel itu milik saya. Nah inilah yang disebut dengan preman,” tegas Saleky.

Pasalnya, kehadiran “Maun” Hercules sedang hangat dan dicurigai lawan politik. Yang sebenarnya mereka kurang paham atau tidak paham, sudah paham tetapi sengaja tidak paham. Karena sosok yang terkenal di seantero Republik Indonesia (RI) adalah salah satu Dewan Pembina Pusat partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Underbone Gerakan Indonesia Bersatu (GRIB).

Berkaitan dengan historis kultural orang MBD dan Timor Leste sering diceriterakan dahulu hingga kini adalah Mede Melay Tatra Wona. Hercules asli Mede Melay, karenanya ada panggilan Historis dan panggilan Kultural untuk mendampingi pasangan “Kalwedo”. Sebagai seorang kakak dari Niko Kilikili, Very Kilikily, Agus Kilikily dan semua keluarga Kilikily, ungkapnya.

Maka Hercules mempunyai tangggungjawab untuk mendapingi calon yang diusung oleh partai Gerindra masuk di wilayah pemilihan Maluku khusus MBD,  tuturnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan