Kades Rotnama Serahkan Beasiswa Mahasiswa PSDKU Unpatti MBD

Tiakur, EXPO MBD

Kepala Desa Rotnama, Kecamatan Mdona Hyera, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Teprianus Hadulu menyerahkan langsung bantuan berupa beasiswa bagi mahasiswa asal desa Rotnama untuk Program Study Diluar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Pattimura (Unpatti) Kabupaten MBD. Penyerahan beasiswa ini bertempat di Kantor PSDKU Unpatti MBD, Rabu (20/09/2022).

Penyerahan beasiswa oleh Kades Rotnama, Teprianus Hadulu langsung kepada mahasiswa penerima dan didampingi oleh Koordinator Bidang Umum PSDKU Unpatti MBD, Yusthina G Wakim, SE, Sekretaris PGSD PSDKU Unpatti MBD, Renny Souhoka, S.Pd, M.Pd dan Micael Ririhena, SH, MH juga beberapa dosen yang hadir saat itu. Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa kurang  mampu tetapi memiliki potensi akademik baik.

Menurut pria Kelahiran Rotnama, 17 Pebruari 1979 itu bahwa Sejak dilantik pada Tanggal 11 September 2018 dan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2019 melalui pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk pendidikan. Dianggarkan bagi 8 mahasiswa hingga sekarang. Terhitung sudah 5 tahun berjalan sehingga sudah ada 1 mahasiswa penerima beasiswa yang selesai study sarjana.

“Awal keinginan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa itu penuh tantangan. Baik itu yang datang dari dalam desa maupun luar desa Rotnama. Namun ini bukan menjadi alasan bagi saya untuk terus berjuang hingga beasiswa ini diperuntukan. Tentu bukan hanya bagi mahasiswa PSDKU Unpatti MBD semata, tetapi ada juga bagi mahasiswa asal desa Rotnama yang kuliah diluar MBD,” ungkapnya.

Beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa tanpa tensi apapun dan dikemas dengan aturan yang dibuat yakni pernyataan bermeterai dari orang tua bersama Pemerintah Desa. Dimaksudkan untuk mengikat dan memiliki rasa tanggungjawab, sehingga ketika anak tidak selesai kuliah atau putus pendidikannnya bersedia mengembalikan uang Negara, ucapnya

Baginya, sekalipun desa Rotnama terlihat kecil dan jauh tetapi harus memiliki peran penting dalam menyiapkan SDM, karena kunci utama dalam pembangunan suatu daerah dan desa. Perannya juga sebagai tempat dimana SDM tumbuh dan berkembang. Sebab untuk mengelola potensi Sumber Daya Alam (SDA) membutuhkan SDM yang baik. Selain itu ada kearifan lokal dan keragaman budaya yang dilestarikan dari generasi ke generasi.

“Ada kontrol yang terus dilakukan oleh Pemerintah Desa bagi mahasiswa penerima beasiswa yang dibuat dalam group WhatApps. Nah ketika IPKnya menurun langsung saya mengambil tindakan dengan menanyakan langsung apa penyebabnya. Sehingga ada teguran keras yang diberikan guna memacu lagi motivasi untuk cepat selesai kuliah,” tegasnya.

Terkait permintaan Kades Rotnama untuk penerima beasiswa dari dana desa itu terlambat dan tidak sesuai dengan waktu pembayaran uang kulaih. Koordinator Bidang Umum PSDKU Unpatti MBD, Yusthina G Wakim, SE mengatakan akan disampaikan sebab masih mengacu pada penetapan waktu yang ditetapkan Kampus Utama Unpatti di Ambon.

“Pemberian beasiswa dari Pemerintah Desa Rotnama merupakan salah satu program yang luar biasa, karena merupakan satu-satunya di Kabupaten Maluku Barat Daya. Dengan sendirinya dapat membantu masyarakat yang berkeinginan untuk kuliah tapi kurang mampu, lebih leluasa untuk meraih mimpi. Kiranya program ini dapat berjalan terus,” ujarnya.

Ditambahkan  juga oleh Micael Ririhena, SH, MH bahwa pada prinsipnya PSDKU Unpatti MBD berterima kasih karena ada kepedulian dari Pemerintah Desa Rotnama terhadap pendidikan di Kabupaten MBD lewat program pemberian beasiswa. Semoga berkelanjutan, kiranya ada kerjasama yang terus dibangun sehingga menjadi motivasi bagi desa-desa lain yang ada di Bumi Kalwedo.

“Ini akan membangun sinergitas antara Perguruan Tinggi, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia di Kabupaten MBD. Harapannya ketika mahasiswa lulus nanti akan kembali ke Desa atau juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Sehingga harapan untuk memiliki SDM yang baik dapat tercapai,” harapnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan