Kontribusi Ekonomi Kreatif, KKN Mahasiswa PSDKU Unpatti MBD Desa Tounwawan

Tounwawan, EXPO MBD

Sebanyak 12 Mahasiswa dari PSDKU Unpatti MBD saat ini sedang menjalankan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tounwawan Kecamatan Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya. Program ini Bertujuan Untuk Memberikan Kontribusi Positif Pada Masyarakat dan Meningkatkan Ekonomi Kreatif Masyarakat dan Menambah Pengalaman Mahasiswa.

Seiring dengan Semangat Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa PSDKU UNPATTI MBD telah memulai program KKN di Desa Tounwawan Sejak Awal Bulan ini. Mahasiswa yang tergabung dalam berbagai Program Studi Berkumpul untuk Bekerja Sama dalam Memberikan Dampak Positif Bagi Masyarakat Desa.

Seseuai dengan Tema KKN yaitu Kontribusi Mahasiswa KKN Unpatti Melalui Penerapan Pola Ekonomi Kreatif dalam Peningkatan Kesejahtraan Masyarakat Desa. Beberapa Program unggulan KKN yang sedang dijalankan demi Menyukseskan Tema KKN tersebut.

Inovasi Pembuatan Buah Pepaya menjadi Abon Krispi, Inovasi Pembuatan Gula Aren dari sari Pohon Lontar atau biasa disebut oleh masyarakat setempat yaitu Pohon Koli dan Juga Pembuatan Dendeng Manis dari Daging kerbau yang diolah dengan campuran Gula Aren.

Menurut Ketua Kelompok KKN Desa Tounwawan, Braian Moriolkosu Beberapa Kegiatan yang dijalankan ini sangat bermanfaat karena produk unggulan ini merupakan bagian dari Penerapan Pola Ekonomi Kreatif Dalam Peningkatan Kesejahtraan Masyarakat Desa.

“Selain itu dapat memberikan pengalaman berharga bagi kami selaku Mahasiswa KKN saat ini. Jujur kami juga merasa bangga dan tetntunya sangat berterima kasih karena masyarakat turut serta dalam menyukseskan kegiatan dimaksud, ujarnya.

Sementara itu, Dosen Pendamping Lapangan Micael Ririhena. SH, MH memberikan Apresiasi Bagi Kelompok Mahasiswa KKN desa Tounwawan karena mampu berinovasi dan beradaptasi dalam peningkatan kesejahtraan masyarakat setempat.

Ia (Micael, Red) juga berharap dalam kegiatan KKN ini juga Mahasiswa mampu berkontribusi sehingga usai dan dilakukan penarikan ada dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat desa setempat khususnya bagi masyarakat Tounwawan.

Dilain sisi, Kaur Pembangunan Desa Tounwawan, Jhon Brener Joktetimera mengungkapkan rasa terima kasih kepada Mahasiswa KKN yang banyak membantu desa selama pelaksanaan KKN karena telah meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu lewat beberapa program inovasi KKN ini.

Program KKN merupakan salah satu cara bagi Mahasiswa PSDKU Unpatti MBD untuk Melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan masyarakat. Dengan menggabungkan pengetahuan dan ketrampilan selama Studi. Mahasiswa berkontribusi pada pembangunan sosial, ekonomi, pendidikan dan Hukum. Diharapkan memberikan Manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan memperkaya pengalaman mahasiswa. (VQ)

Tinggalkan Balasan