MBD Gelar Upacara Hardiknas, Semarak Merdeka Belajar

Tiakur, EXPO MBD

Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023. Bertindak selaku Inspektur upacara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten MBD, Johzes H. F. Leunufna. Tepatnya di halaman kantor Bupati MBD, Selasa (02/05/2023).

Dalam amanatnya Leunufna membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bahwa harus memastikan semarak kurikulum merdeka belajar dengan mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas. Terukir sudah sejarah gerakan merdeka belajar, fokus pada kemampuan berliterasi dan bernalar

“Selama 3 tahun terakhir perubahan-perubahan besar terjadi di sekitar kita dimana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan dan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai kebahagiaan,” ungkapnya.

Para guru sekarang berlomba untuk berbagi dan berkarya dengan platform merdeka belajar. Selain itu, guru yang dulu dikat dengan berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas. Hadirnya kurikulum merdeka juga menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karekter kompetensi seleksi masuk perguruan tinggi, ucapnya.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keluasan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar, tuturnya.

Hardiknas di tahun 2023 ini merupakan waktu yang tepat untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi juga langkah berani yang sudah diambil. Maka perwujudan merdeka belajar akan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan. (VQ)

 

Tinggalkan Balasan