MBD Sukseskan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Desa

Tiakur, EXPO MBD

Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) ikut menyuseskan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Desa seluruh Indonesia. Ini merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian terhadap bumi sehingga kehidupan menjadi nyaman. Seluruh komponen masyarakat di kabupaten MBD, diminta agar dapat berpartisipasi aktif mewujudkan hutan dan lingkungan yang baik dan lestari.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Drs. Agustinus L. Kilikily, M.Si dalam sambutannya pada acara Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Desa seluruh Indonesia di kabupaten MBD, tepatnya di sumber air PDAM Tirta Kalwedo Kabupaten MBD, Senin (20/03/2023). Membangun kebiasaan menanam seharusnya menjadi kebutuhan secara berkelanjutan.

Menurutnya, Hutan berperan sebagai penyangga kehidupan, sekaligus menyediakan hasil pangan, ketersediaan air, sumber energy, dan jasa lingkungan lainnya termasuk oksigen, rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati.

Sumber daya hutan dan lingkungan merupakan bagian tidak terpisahkan dari pembangunan ekonomi, sosial dan budaya bangsa. Rusaknya sumber daya hutan dan lingkungan akan berpengaruh baik langsung maupun tidak langsung terhadap keberlanjutan kehidupan, ungkapnya.

“Saya ingatkan bahwa aktivitas menanam kembali dan memperbanyak ruang terbuka hijau belum menjadi kebiasaan masyarakat. Namun demikian peran pemerintah dalam melaksanakan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Desa seluruh Indonesia, rehabilitasi hutan dan lahan, penanaman 1 Miliar pohon dan lainnya, terus ditingkatkan melibatkan seluruh masyarakat,” ucapnya.

Laju kerusakan hutan harus dicegah sampai ambang batas minimal. Kerusakan hutan tiap tahun ada pada 2 juta hektar per tahun. Kondisi ini harus dihentikan, dengan perangi secara terus menerus. Apabila dibiarkan akan mendatangkan bencana setiap saat pada masa mendatang. Olehnya ada ajakan untuk menghentikan penyebab kerusakan hutan, harapnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan