Wabup Kilikily Irup Peringatan Sumpah Pemuda Ke-94

Tiakur, EXPO MBD

Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke -94, yang jatuh pada tanggal, 28 Oktober 2022 Kali ini mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa,“ bertempat di Halaman Kantor Bupati MBD, Jumat (28/10/2022) Pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dipimpin Langsung Wakil Bupati (Wabup) MBD, Drs. Agustinus Lekwarday Kilikily, M.Si sedangkan Perwira Upacara, IPTU, Richard Bana dan Komandan Upacara IPTU, Kafnes Molle.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini Wabup Kilikily menyampaikan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

“Marilah kita jadikan momentum Peringatan Hari sumpah Pemuda yang ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun Bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun Persatuan Bangsa dan menggapai cita cita kejayaan Indonesia,” ucapnya.

Lebih lanjut Wabup Kilikily mengatakan pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan pemuda dimasa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Mandat Pemuda Pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai Persatuan diatas Segalanya

Wabup menjelaskan, tema “Bersatu Bangun Bangsa” memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

“Memandang keberagaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia Pemuda bukan hanya menjadi pelaku Penting membangun ketangguhan bangsa dalam Mewujudkan Visi besar Indonesia Emas 2045, Tetapi juga menjadi tulang Punggung untuk Kejayaan bangsa Sepanjang masa,” ungkapnya.

Pemuda Indonesia harus memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.
Pemuda adalah masa depan bangsa dan Negara. Semoga melalui peringatan ini selalu menghormati jasa para pemuda, insan olahraga, jasa para pendiri bangsa dan jasa pahlawan revolusi.” Harapnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan