Tiba MBD, Wabup Kilikily Sambut Jemaah Haji

Tiakur, EXPO MBD

Setelah melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci, Jemaah Haji kembali dan tiba Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), disambut oleh Wakil Bupati (Wabup) MBD, Drs. Agustinus Lekwarday Kilikily, M.Si di Ruang Rapat Kantor Bupati, Rabu (8/02/2023). 7 orang jemaah haji asal MBD ini tergabung dalam Kloter Jemaah Haji Provinsi Maluku yang tiba di Ambon pada hari Senin, 31 Juli 2023.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas suksesnya pelaksanaan ibadah haji bagi delapan jemaah haji asal MBD. Atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat MBD mengucapkan selamat datang kembali di bumi Kalwedo. Rasa haru dan bahagia yang tidak tara yang tak bisa dilukiskan atas kembali ke tanah air.

Menurutnya, sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan ibadah haji di tahun ini sangat membawa dampak yang besar.  Sebelum pemerintah daerah menyerahkan para jemaah haji kepada pihak keluarga, ada beberapa harapan yang disampaikan diantaranya dapat mewujudkan suasana yang harmonis dan nyaman bagi masyarakat.

“Dengan selesai menjalankan ibadah haji, kami mengharapkan agar lebih giat lagi dalam menjalankan ibadah kepada Tuhan yang Maha Esa. Setelah kembali kepada masyarakat diharapkan menjadi contoh yang baik di lingkungan tempat tinggal sehingga dapat menciptakan suasana yang harmonis dan nyaman bagi masyarakat demi terciptanya kerukunan antar umat beragama,” harapnya.

Dalam laporannya Kepala Kantor Agama, Stepanus Tia, SE menyampaikan pelaksanaan ibadah haji tahun ini adalah pelaksanaan ibadah haji yang paling sulit karena banyaknya lansia yang melaksanakan ibadah haji.

“Walaupun demikian, alhamdulillah jemaah haji MBD semuanya dapat melaksanakan dan menunaikan ibadah haji dengan baik adanya. Syukur tidak ada yang meninggal diantara jemaah haji MBD. Sekedar informasi bahwa jemaah haji asal Maluku, kurang lebih ada 4 orang yang meninggal, 3 orang meninggal di tanah suci dan 1 orang meninggal dalam perjalanan dari Makassar menuju ke Ambon,” ujar Tia

Ditambahkannya jemaah haji MBD yang berjumlah 8 orang, hanya 7 orang yang berkesempatan hadir dalam kegiatan saat ini.

“1 orang jemaah haji asal MBD karena kondisi kesehatannya terganggu dan harus turun di Makassar untuk mendapatkan perawatan. Kami sudah menyampaikan surat keterangan dokter dari Makassar untuk menjadi laporan bagi Pemerintah Daerah MBD,” jelasnya

Ia menjelaskan jemaah haji asal MBD dilepaskan Bupati MBD pada tanggal 29 Mei 2023. Berangkat dari Tiakur ke Ambon pada tanggal 13 Juni 2023. Berangkat dari Ambon ke Makassar pada tanggal 16 Juni 2023. Berangkat dari Makassar ke Jedah pada tanggal 17 Juni 2023. Kembali ke tanah air dengan keadaan baik pada tanggal 28 Juli 2023 dari Medinah ke Makassar. Pada tanggal 31 Juli 2023 berangkat dari Makassar ke Ambon. Dan tiba di Tiakur pada tanggal 2 Agustus 2023.

“Puji Tuhan, jemaah haji MBD selama kurang lebih 40 hari di Arab Saudi telah melaksanakan semua rukun haji dengan baik,” ujarnya

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan Forkopimda atas dukungan pelaksanaan penyelenggaraan Ibadah Haji musim haji 1444 H tahun 2023. (VQ)

Tinggalkan Balasan