MBD Gelar Serah Terima Lokasi Pembangunan SKPT Moa

Tiakur, EXPO MBD

Perjalanan panjang dengan berbagai persoalan dilewati hingga, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten MBD dapat menggelar rapat serah terima lokasi kerja pembangunan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan Tiakur untuk Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Moa, diruang rapat Kantor Bupati MBD, Rabu (15/02/2023).

Penyerahan oleh Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ST didampingi Wakil Bupati MBD, Drs. Agustinus Lekwarday Kilikily, M.Si, Plt. Sekretaris Daerah, O. H. Y. Kuara, SE dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diterima oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan, Direktorat Kepelabuhan Perikanan dan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap diwakili oleh, DR. Ir. Izak Siamiloy, M.Si.

Menurut Izak Siamiloy dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan SKPT Moa ini akan dikerjakan kurang lebih 15 bulan, sehingga ditergetkan akan selesai pada bulan Mei tahun 2024 mendatang. Pembangunan SKPT Moa saat ini berawal dari program Nawacita Presiden Joko Widodo yakni membangunan dari pinggiran.

Dikatakannya, pembangunan ini dapat berjalan atas kerjasama dana hibah Jepang. Diusulkanlah Saumlaki dan Moa sebagai potensi perikanan yang luar biasa tetapi belum tersentuh sarana dan prasarana salah satunya pelabuhan perikanan. Puji syukur dapat disetujui karena ada ikan tuna kualitas nomor satu di dunia. Tuna Bluefin, tuna sirip biru yang paling banyak dicari walau mahal.

“Rencana pengembangan sektor perikanan di pulau terluar. SKPT merupakan fasilitas dimana pelabuhan dan pasar perikanan dibangun secara terintegrasi dengan tujuan untuk modernisasi industry perikanan dan peningkatan nilai tambah hasil perikanan, guna pembangunan ekonomi di pulau-pulau terluar,” ungkap Siamiloy.

Proses panjang sejak tahun 2016 lalu hingga saat ini sudah boleh terealisasi, ditandai dengan adanya serah terima lokasi kerja pembangunan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan Tiakur untuk SKPT Moa. Setelah itu dalam waktu dekat akan dibuat Surat Perintah Kerja (SPK), seabagai awal dimulai pekerjaan pembangunan SKPT Moa, ujarnya.

Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ST juga menyampaikan bahwa pembangunan SKPT di provinsi Maluku hanya ada di dua kabupaten yakni Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan kabupaten MBD. Oleh karena itu, diminta untuk semua sektor dapat menopang dengan mendukung penuh proses pembangunan SKPT Moa sampai pada penggunanaannya.

Hal ini dimaksudkan agar dengan pembangunan SKPT Moa dapat mendorong pertumbuhan semua sektor di Kabupaten MBD. Kalau SKPT Moa ini tidak ada sudah barang tentu investasi akan sulit masuk ke negeri bertajuk Kalwedo ini. Pemerintah Kabupaten MBD siap membantu sesuai dengan kewenangan demi suksesnya pembangunan SKPT Moa.

Pemerintah Kabupaten dan seluruh rakyat MBD menyampaikan terima kasih yang tulus kepada pemerintah pusat, dimana sudah boleh memperhatikan MBD dengan adanya proyek pembangunan SKPT Moa. Keyakinannya bahwa keberhasilan proyek pembangunan SKPT Moa akan berdampak kesejahteraan bagi rakyat MBD. (VQ)

Tinggalkan Balasan