Banjir Rusak Infrastruktur Beberapa Wilayah di MBD

Tiakur, EXPO MBD

Intensitas curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), menyebabkan meluapnya air sehingga terjadi banjir yang merusak infrastruktur di beberapa wilayah. Diketahui dari laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten MBD yakni banjir merusak rumah warga, memutus akses jalan dan jembatan antar desa.

Hal ini disampaikan Plt. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten MBD, Dalma Eoh, SP ketika dikonfirmasi wartawan media ini di ruang kerjanya, Kamis (30/06). Ada beberapa wilayah di Kabupaten MBD yakni Pulau Damer, Romang dan Babar Timur. Diketahui dari laporan yang diterima dampak banjir paling parah di pulau Damer dan Romang.

Menurut Dalma Eoh, untuk Kecamatan Kepulauan Romang dampak banjir terjadi di desa Jerusu dan dusun Akualu, Rumkuda, Dalka, Huwai yang menyebabkan jembatan penyebrangan patah. Kecamatan Damer dampak banjir mengakibatkan tanah longsong sehingga rumah warga tertimbun di desa Wulur. Kecamatan Babar Timur akses jalan utama Letwurung-Tutuwawang tepatnya di desa Kokwari terputus sehingga belum dapat dilintasi kenderaan.

Dikatakannya, untuk diketahui para Camat dan Kepala Desa bahwa mengingat intensitas curah hujan yang cukup tinggi di seluruh kecamatan di wilayah MBD berdasarkan rilis BMKG dan diprediksi sampai dengan bulan depan, maka dimintakan memetakan dan memantau wilayah yang berpotensi mengalami bencana rawan banjir dan longsor untuk dideteksi/dicegah dini terhadap bencana pada bantalan sungai atau lokasi pemukiman warga di lereng gunung dan lembah.

Semua pihak diharapkan mengkoordinasikan berbagai langkah upaya pencegahan, penanganan, dan pasca bencana, sebagai bentuk tanggap darurat di wilayah kecamatan masing-masing, untuk memaksimalkan berbagai sumberdaya dalam proses penanganan bencana banjir, Ungkapnya.

Sampai berita ini diturunkan pihaknya masih terus melakukan koordinasi dan pendataan untuk mengetahui dengan jelas kepastian kerusakan rumah warga dan infrastruktur lainnya, tutup Dalma. (VQ)

Tinggalkan Balasan