SDN Tiakur Akan Laksanakan Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran Baru

Tiakur, EXPO MBD

Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tiakur, Tabita Tiauw dalam amanatnya menyampaikan bahwa SDN Tiakur akan melaksanakan Kurikulum Merdeka tahun ajaran baru 2022/2023 yakni Merdeka Belajar, Merdeka Mengajar dan Merdeka Berkarya. Tepatnya pada upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang di gelar SDN Tiakur, Sabtu (14/05).

Menurut Kepsek Tiauw, pelaksanaan Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 dan kelas 4 SDN Tiakur tahun ajaran baru 2022/2023. Seiring launching episode ke-15 tanggal 11 Februari 2022 tentang Kurikulum Merdeka dan platfrom mengajar oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadien Anwar Mukarim. Kurikulum ini jauh lebih ringkas, sederhana dan fleksibel dalam upaya pemulihan di masa pandemi Covid-19.

Dikatakannya, dalam upacara Hardiknas ini sejenak merenung, tersadarlah bahwa bahwa saat ini bumi pertiwi sedang berjuang untuk pemulihan, berjuang untuk sehat dan berjuang untuk pemulihan akibat krisis pandemi Covid-19. Era digital terasa semakin sulit, segenap tantangan terus berdatangan. Masalah demi masalah kian tampak tidak terkecuali dunia pendidikan saat ini.

Memasuki tahun ke-3 era Merdeka Belajar, sistem pendidikan terasa sedang mendapat penyegaran. Pelan-pelan arah pendidikan mulai berubah, semakin dekat dengan tujuan dan cita-cita utama bangsa. Kebijakan demi kebijakan lahir sehingga kini para guru dan sekolah kian akrab dengan teknologi, pelan-pelan proses teknologi digitalisasi pendidikan mulai terpenuhi, ungkapnya.

Suasana Hardiknas mengajak semua pihak untuk menyatukan niat, visi dan meninggikan rasa optimis untuk manfaat kemajuan pendidikan. Dengan kedisiplinan dan niat yang tulus, diharapkan dapat menjawab cita-cita. Sebagaimana Ki Hajar Dewantara pernah berkata dimana ada kemerdekaan, disitu harus ada disiplin yang kuat, ucapanya.

Terpancar kebanggaan melihat minat dan bakat siswa-siswi SDN Tiakur yang ditunjukan dalam perlombaan memperingati Hardiknas yakni perlombaan olahraga, kesenian maupun akademik. Harapannya, sebagai generasi penerus cita-cita bangsa di wadah SDN Tiakur untuk belajar dengan giat agar kelak dapat berguna bagi bangsa dan khususnya untuk kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). (VQ)

Tinggalkan Balasan