BKP-BTR Serahkan Bantuan Pemulihan Pasca Gempa Damer

Tiakur, EXPO MBD

Batutua Kharisma Permai dan Batutua Tembaga Raya (BKP-BTR), menyerahkan bantuan dana pemulihan  pasca gempa pulau Damer pada bulan Desember 2021 lalu. Gempa bumi dengan kekuatan 5 SR terjadi beberapa kali menyebabkan kerusakan. Bantuan yang diberikan untuk pemulihan berupa uang tunai sebesar Rp. 40 juta.

Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh Dua orang perwakilan perusahaan tambang dan pengolah tembaga di Pulau Wetar, Dino Musida dan Marthen Maitimu melalui Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Senin (25/04).

Kepala Bagian Komunikasi BKP-BTR, Dino Musida mewakili manajemen menyatakan bahwa dana tersebut berasal dari pribadi-pribadi karyawan dan melalui Gereja Oikumene dan Masjis Al Husna yang berada di dalam lingkungan anak perushaan Merdeka Copper Gold (MCG), yang kemudian digenapkan oleh manajemen BKP-BTR.

Sementara itu Ketua Serikat Pekerja BKP-BTR, Marthen Maitimu mewakili para karyawan mengungkap bahwa pihaknya menginisiasi penggalangan dana karena rasa kepedulian dan persaudaraan sesama warga MBD.

“Ketika saudara kami mengalami kesuahan maka layak bahkan semestinya kita bersama-sama mengulurkan tangan”, kata Marthen yang bekerja dibagian survey.

Marthen menjelaskan bahwa dana tersebut berasal karyawan BKP-BTR dan karyawan kontraktor-kontraktor yang bekerja di area lokasi BKP-BTR.

Senior Manager External Affairs Dicky Murod secara terpisah menyatakan bahwa BKP-BTR adalah bagian dari masyarakat MBD karena kami peduli apa yang sedang dialami sebagian masyarakat lain di MBD. Dicky mengungkap rasa bangga dan apresiasi BKP-BKP yang memeiliki rasa peduki dan kebersamaan yang tinggi.

Sementara itu Plt. Kepala BPBD kabupaten MBD, Dalma Eoh mengatakan manajeman dan karyawan BKP-BTR dengan dalil kemanusiaan turut merasakan dengan memberikan respon baik kepada masyarakat di pulau Damer. Kerusakan rumah warga kategori ringan, sedang dan berat. Kontribusi ini sangat berarti bagi pelayanan publik di kabupaten MBD.

Ucapan terima kasih kepada Manajemen BKP-BTR dan seluruh serikat pekerja atas kepedulian. Titipan moralnya adalah semoga serikat pekerja juga dapat melihat kesejahteraan terkait pemberdayaan masyarakat, lowongan pekerjaan kedepan semoga ada dispensasi dan kebijakan diikutsertakan sebagai tenaga kerja kabupaten MBD walaupun secara kuantitatif dan kualitatif terbatas, tutupnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan