“Potong Pele” Stunting, Duta Parenting Maluku “Mangente” MBD

Tiakur, EXPO MBD

Kondisi pertemuan berbeda sebagai upaya memerangi penyebaran Covid-19 dengan menaati protokol kesehatan. Diharapkan tidak mengurangi niat Potong Pele stunting dan gizi buruk dengan Mangente Negeri Membangun Maluku demi memperbaiki generasi kedepan. Terima kasih telah mangente kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) Duta Perenting Maluku, Widya Murad Ismael.

Hal ini disampaikan Pjs. Bupati kabupaten MBD, Drs. Melkias Mozes Lohy, MT pada acara pertemuan koordinasi terpadu percepatan penurunan stunting dan gizi buruk di kabupaten MBD, selasa (29/09). Semoga keindahan alam bumi kalwedo ini menjadi bagian yang dapat dinikmati, sebagai wujud nyata telah mengunjungi gunung kerbau. Semoga saja kunjungannya menjadi berkat tersendiri bagi MBD.

Menurutnya, ada 10 desa/dusun lokus stanting di kabupaten MBD. Yakni, desa Tela kecamatan Pulau-pulau Babar, desa Naumatang kecamatan Wetar Utara, desa Poliuw kecamatan Moa, desa Batumiau kecamatan Letty, desa Wulur kecamatan Damer, dusun Romleher Utara kecamatan Pulau-pulau Terselatan, desa Ilputih kecamatan Wetar, desa Wasarily kecamatan Wetang, desa Babyotan kecamatan Marsela dan desa Romdara kecamatan Mdona Hyera.

Dikatakannya, marilah semua masyarakat kabupaten MBD jadikanlah kehadiran Duta Perenting Maluku, Widya Murad Ismael sebagai torehan baru. Mangente MBD untuk membangun generasi baru MBD secara khusus dan Maluku pada umumnya yang lebih baik dikemudian hari. MBD adalah wilayah pulau-pulau yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Timor Leste dan Australia.

Kabupaten MBD merupakan salah satu kabupaten yangmemiliki tingkat prevalensi stunting yang cukup tinggi di provinsi Maluku. Penanganannya perlu dikoordinasikan karena dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi dan pasar kerja, sehingga menyebabkan kemiskinan antar generasi. Dampak besar dapat ditimbulkan oleh stunting, ungkapnya.

Oleh karena itu, pemerintah daerah kabupaten MBD berkomitmen untuk terus berupaya mencegah percepatan pertumbuhan prevalensi stanting. Maka upaya potong pele stunting ditargetkan pada tahun 2024 dapat ditekan angka pertumbuhan, tuturnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan