Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Momen Refleksi

Tiakur, EXPO MBD

Pemerintahan Kabupaten Maluku Barat Daya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Menggelar Upacara dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 yang di laksanakan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Senin, (2/10/2023). Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Kodim 1511/Pulau Moa, Letkol Infanteri. Galih Perkasa.

Dalam amanatnya Galih Perkasa menyampaikan Pancasila adalah Dasar Negara dan Ideologi Bangsa yang dicetuskan pendiri bangsa yang sejak kelahirannya sampai hari ini. Pancasila menjadi kekuatan untuk berjuang membangun cita-cita bangsa. Pancasila juga merupakan pengingat bahwa di tengah semua situasi dan kondisi Negara saat ini kedaulatan Indonesia tetap berdiri tegak berdasarkan pada keadilan sosial dan persatuan bagi seluruh lapisan masyarakat,”ungkapnya.

Sementara itu Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat “Mari dalam hal ini kita sama-sama merefleksikan lagi nilai-nilai Pancasila sebagai upaya menyatukan cita-cita dan langkah ke depan, ada banyak tantangan bangsa yang harus ditangani termasuk dalam menghadirkan pendidikan yang berkualitas untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Peringatan hari Kesaktian Pancasila ini perlu dijadikan momentum merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan untuk menjadi Indonesia sebagai bangsa yang tangguh dimasa kini dan masa yang akan datang”Imbuhnya.

Ia menambahkan dalam hal ini hendaknya kita tidak mengesampingkan integrasi sosial budaya dan pelestarian lingkungan dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut jika tidak tindakan kita akan kurang sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang menyelaraskan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia,”katanya.

Inilah waktunya rancang keseimbangan baru yang mengedepankan kemajuan semua kelompok masyarakat dan memprioritaskan konservasi alam,”ucap Perkasa.

Ia Membeberkan Pancasila bisa berperan sebagai titik gerakan sekaligus sebagai tujuan pembangunan Bangsa dan Negara, kebangkitan dan kemajuan Bangsa ditentukan oleh kemerdekaan anak-anak Indonesia untuk mengembangkan potensinya sendiri dengan kemampuan, dan panggilan hatinya.

Diharapkan generasi pelajar Pancasila akan hadir dimana melahirkan sosok pembelajar sepanjang hayat, yang berakhlak mulia, beriman, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ber Kebhinekaan global, mampu bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif para pelajar itulah yang akan meneruskan estafet pembangunan Indonesia yang berkelanjutan dan berkeadilan di masa depan,”harapnya.

Dengan nilai-nilai Pancasila yang menyertai langkah kita mari kita membangun Indonesia yang lebih tangguh, lebih inklusif, dan lebih mencerdaskan,”Tutupnya (VQ)

Tinggalkan Balasan