Bupati Noach Minta Lomba Cipta Menu Serba Ikan

Tiakur, EXPO MBD

Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach, ST meminta kepada Tim Penggerak PKK mengemas lomba cipta menu untuk pengan lokal serba ikan sampai pada tingkat kecamatan dan desa. Memberikan edukasi akan pentingnya ikan lokal sebagai sumber pangan protein tinggi dan tentunya menyehatkan sehingga menciptakan generasi emas yang sehat, cerdas dan kuat.

Tepat pada Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 Tahun 2024 di Kabupaten MBD, bertempat di gedung serbaguna Tiakur, Rabu (03/04/2024). Menurut Bupati Noach, Lomba Cipta Menu Serba Ikan ini searah dengan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang ditetapkan pemerintah Indonesia tepatnya pada tahun 2010 lalu.

Kegiatan lomba cipta menu serba ikan ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun. Sebab ikan merupakan makanan yang kaya akan kandungan protein, kandungan rendah lemak jenuh. Selain itu, vitamin dan mineral dibutuhkan tubuh menjaga kesehatan. Menjadi pilihan asupan gizi bagi ibu hamil, karena bermanfaat membantu perkembangan janin dan kehamilan yang sehat, ungkapnya.

Melalui kegiatan seperti ini diharapkan dapat tumbuh kesadaran individu maupun kolektif di keluarga bahkan masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan dengan aman dan sehat. Menjadi sarana kreatifitas agar ikan yang dikonsumsi memiliki daya tarik dan menggugah selera, namun tetap perlu menjaga higenistas dalam pengolahan dan penyajian sehingga ikan menjadi menu andalan keluarga.

Olehnya, PKK dibutuhkan untuk mempercepat proses menuju keluarga sejahtera. Program-program pemerintah lewat OPD-OPD tentu mengarahkan untuk menuju juga pada kesejahteraan masyarakat. PKK sebagai katalis dapat mendorong lebih cepat lagi, sehingga angka kemiskinan, stunting turun dan masyarakat sejahtera semakin bertambah, ucapnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan