Bawaslu MBD Gelar Apel Siaga dan Kampanye Damai Serta Deklarasi Netralitas ASN TNI Polri

Tiakur, EXPO MBD

Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye dan Kampanye Damai serta Deklarasi Netralitas ASN, TNI dan Polri. Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda, Partai Politik, Panwascam dan Pengawas Kelurahan/Desa, berlangsung di halaman bangunan ruko blok B Tiakur, Senin (4/12/2023).

Ketua Bawaslu Kabupaten MBD, Martinus Kerlely, SH dalam sambutannya menyampaikan Pemilu serentak 2024 akan segera tiba. Agar Pemilu dapat berjalan lancar, aman, damai dan berintegritas, diperlukan peran aktif semua pihak termasuk para Pengawas Pemilu. Karena Pengawas Pemilu memiliki peranan penting dalam pengawasan dan mengawal pelaksanaan tahapan pemilu termasuk kampanye.

“Saya mengajak seluruh jajaran Pengawas Pemilu untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam melaksanakan tugas Pengawasan. Para pengawas harus berpegang pada prinsip netralitas, profesionalisme dan akuntabilitas. Bekerjasama dengan semua pihak terkait termasuk KPU, Partai Politik, masyarakat dan semua stakeholder mewujudkan kampanye damai dan berintegritas,” ajaknya.

Selain itu, Ia mengajak seluruh masyarakat guna berpartisipasi aktif dalam Pengawasan Pemilu. Bersama-sama menjaga kondusifitas Pemilu dan mencegah terjadinya pelanggaran. Karena penyelenggaraan Pemilu yang demokratis dan berintegritas tidak hanya menjadi tanggungjawab Bawaslu semata tetapi menjadi tanggungjawab seluruh pemangku kepentingan.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kampanye Pemilu 2024 yakni Kampanye harus dilakukan dengan santun dan tidak melanggar hukum. Kampanye harus mennghindari ujuran kebencian, SARA dan politik uang. Kampanye harus menghormati hak asasi dan kebebasan berpendapat. Kampanye harus dilakukan dengan tidak melibatkan mereka yang mempunyai kapasitas dilarang UU dan UU Pemilu,” ungkapnya.

Bawaslu akan menindak tegas segala bentuk pelanggaran yang terjadi selama masa kampanye sesuai dengan peraturan yang berlaku. Karena Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi yang harus dirayakan bersama. Mari jaga dan rawat selama masa kampanye dan tahapan Pemilu selanjutnya agar Pemilu ini dapat berjalan dengan lancar, aman, damai dan berintegritas, tegasnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan