Dinkes MBD Gelar “Going To Healthy Campus 2024”

Tiakur, EXPO MBD

Menjelang peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023 pada tanggal 12 Nopember 2023, Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar kegiatan Pengendalian Penyakit Prioritas serta Kebugaran Jasmani “Going To Healthy Campus 2024”. Kegiatan ini berlangsung di Kampus Program Study di Luar Domisili (PSDKU) Universitas Pattimura Kabupaten MBD, Kamis (09/11/2023).

Dalam sambutannya, Plt. Kadis Kesehatan Kabupaten MBD, Marthen Rahakbauw, S.Kep, Ners menyampaikan kaitan dengan Kegiatan Pengendalian Penyakit Prioritas serta Kebugaran Jasmani “Going To Healthy Campus” 2024 digabungkan dengan Kegiatan aksi bergizi dengan sasaran berasal dari SMK 7 Tiakur dan SMK Iresa Anugrah Tiakur, ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini meliputi senam kebugaran jasmani, aksi bergizi yakni pemberian tablet tambah darah bagi remaja puteri, demo asap rokok bagi remaja putera terkait pentingnya bahaya rokok untuk kesehatan, pemeriksaan kesehatan berkala yakni pemeriksaan TD, kolesterol, asam urat, gula darah, pengukuran lingkar pinggang pinggul dan aktivitas fisik .

Dikatakannya, HKN Tahun 2023 dibawah sorotan Tema “Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” Sub Tema “SDM Sehat Unggul, Produktif dan Maju Melalui Transformasi Layanan Kesehatan”.  Terjadi pergeseran pola penyakit, dimana Penyakit Tidak menular (PTM) meningkat secara signifikan dan menjadi penyebab utama kematian.

Lebih lanjut Ia mengatakan bonus demografi akan mencapai puncak di tahun 2030-an dimana 68 persen adalah penduduk usia produktif. Hal ini menjadi peluang besar untuk meraih Indonesia Emas 2045. Untuk mendorong hal tersebut maka transformasi layanan kesehatan menjadi salah satu solusi agar dapat mengendalikan berbagai masalah kesehatan pada penduduk usia produktif.

Tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah untuk menjamin ketersediaan dan kemudahan warga kampus mendapatkan pelayanan skreening kesehatan yang merata, berkualitas, dan mudah diakses. Selain itu, kegiatan ini sekaligus merupakan terobosan yang dilakukan dalam rangka menuju Kampus Sehat 2024, ungkapnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mendorong terwujutnya Kampus Sehat 2024 dalam rangka membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan kampus khususnya dan remaja putera dan putri serta masyarakat Maluku Barat Daya umumnya, ucapnya.

Mewakili Pemerintah Daerah mengapresiasi Pimpinan PSDKU Unpatti MBD beserta jajaran yang telah menyambut dan mendukung terlaksananya kegiatan ini. Kiranya menjadi mitra untuk berproses Menuju Kampus Sehat Tahun 2024 demi ”Warga Kampus yang Sehat, Unggul, Produktif, Sejahtera, Mandiri, Berdaya Saing Berbasis Sumber Daya Lokal dan Berdaulat Berdasarkan Kearifan Lokal,” ujarnya. (VQ)

 

 

Tinggalkan Balasan