HUT Ke-15, DPRD MBD Gelar Rapat Paripurna Khusus

Tiakur, EXPO MBD

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar Rapat Paripurna Khusus menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-15 Kabupaten MBD, di ruang sidang paripurna, Kamis (20/07).

Dalam sambutannya Ketua DPRD Kabupaten MBD, Pertrus A. Tunay, A.Md mengingatkan bahwa harapan masyarakat dari pembentukan Kabupaten MBD adalah meninggalkan kemiskinan dan ketertinggalan. Oleh karena itu, ada ajakan untuk merefleksikan fungsi dan peran masing-masing, karena jadi titik tolak menentukan langkah dan sikap kedepan lebih baik.

Menurutnya, dibawah soroten tema HUT Ke-15 MBD “Terus Berlari Untuk MBD Maju” semua dituntut untuk bekerja bersama, bekerja cepat, bahu membahu dan berkolaborasi sesuai tugas dan tanggungjawab masing-masing mensejahterahkan masyarakat MBD. Bersatu bergandengan tangan menyatukan visi dan tekat untuk berkarya membangun negeri kalwedo tercinta.

Dikatakannya, sebagai gugusan kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau tentu membangun MBD membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Lewat kesempatan ini ada apresiasi yang tinggi diberikan kepada Bupati MBD bersama jajaran, atas kesungguhan dan ketulusan membangun. Melalui program dan kegiatan walaupun masih banyak kekurangan.

Salah satu kunci penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat adalah membangun infrastruktur seperti jalan, jembatan, PLN, telkomsel, bidang pendidikan dan kesehatan. Pembangunan yang merata akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, mobilitas masyarakat dan kualitas hidup secara keseluruhan, ungkapnya.

Pemerintah daerah perlu mendapat dan memperkuat kepercayaan serta dukungan penuh masyarakat MBD, dengan cara meningkatkan dan memegang teguh prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam bekerja. Bertanggungjawab atas tindakan kepada Tuhan dan rakyat, serta membuka diri dan mempublikasikan semua informasi yang relevan kepada rakyat, ulasnya.

Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ST menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendoakan, menciptakan suasana aman dan kondusif sehingga penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan kepada masyarakat dan pembagunan di bumi Kalwedo hingga usia ke-15. Ukuran tahun ke-15, Pemerintah Daerah telah menunjukan trend positif dibanding tahun-tahun sebelum.

Indikator kinerja yang dijalankan dan dicapai yakni Laju pertumbuhan ekonomi dari 0,13% diperoleh tahun 2020 akibat pandemi covid 19 menjadi 2,63% pada tahun 2021 dan 5,01% pada tahun 2022. Persentasi penduduk miskin dari 29,55% pada tahun 2021 menjadi 27,64% pada tahun 2022. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 60,90 pada tahun 2020 menjadi 62,37 pada tahun 2021 dan 63,07 pada tahun 2022. Angka prevelensi stunting dari 29,6% tahun 2021 menjadi 25,7% tahun 2022, ujarnya.

Pemerintah daerah berhasil menerima penghargaan Universal Health Coverege (UHC) Award 2023 sebagai wujud komitmen mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional bagi masyarakat Indonesia, opini WTP dari Badan Pemeriksaan Keuangan RI selama 4 tahun berturut-turut, serta penghargaan Mandala Karya Kencana dari BKKBN RI sebagai upaya dalam memerangi stunting di kabupaten MBD, imbuhnya.

Indikator kinerja utama yang merupakan ukuran keberhasilan dari suatu tujuan dan sasaran strategis operasional di Kabupaten MBD dapat dicapai sebesar 96,21% pada tahun 2022 dengan predikat kinerja sangat tinggi. Hal tersebut dapat dicapai atas kerjasama dan kerja keras semua. Segala yang telah ditorehkan bersama hingga di usia ke-15 negeri tercinta ini, menjadi alasan peringatan HUT di saat ini memilih tema “Terus Berlari Untuk MBD Maju”, tuturnya.

Tema ini menggambarkan capaian pembangunan dan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Peningkatan pemanfaatan potensi sumber daya, ditunjang sebagai wilayah perbatasan. Memberikan harapan dan peluang besar untuk terus berlari guna mengakselerasi pembangunan dan pelayanan masyarakat, agar lebih dapat meningkatkan keberhasilan yang telah diraih. (VQ)

Tinggalkan Balasan