Pelayanan Kesehatan, Rupilu Harap Pedagang Jaga Kebersihan

Tiakur, EXPO MBD

Dharma Wanita Persatuan, Unit Pelaksana Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melaksanakan giat pelayanan kesehatan dan pemeriksaan golongan darah bagi pedagang dan pengunjung di Pasar Rakyat Kalwedo Tiakur, Jumat (14/04/2023).

Kepala Dinas sekaligus Pembina Dharma Wanita Persatuan Unit Pelaksana Dinas Perindagkop dan UMKM, Ir. Piet Y. Rupilu, M.Si menyampaikan, kegiatan pelayanan kesehatan ini merupakan program kerja Dharma Wanita Persatuan Unit Pelaksana Disperindagkop yang akan rutin dilaksanakan secara berkala.

“Kegiatan seperti akan rutin dilaksanakan setiap bulannya guna memberikan pelayanan bagi masyarakat terutama bagi pedagang yang ada di Pasar Tiakur ini”, ungkapnya.

Ia mengatakan, para pedagang bekerja keras mencari uang demi ekonomi rumah tangga bahkan ada yang rela tidur atau nginap di pasar ini. Hal ini harus dilihat dengan baik, karena kalau tanpa istirahat maka bisa saja stamina menurun dan mengalami gangguan kesehatan.

“Semua menyadari bahwa walaupun bekerja keras cari uang tapi kesehatan jauh lebih penting karena ketika sakit biaya pengobatan yang dikeluarkan lebih dari apa yang kita dapatkan saat ini”, imbuhnya.

Selain itu, Rupilu juga meminta setiap pedagang dan pengunjung pasar Tiakur harus menjaga kebersihan lingkungan karena ketika pasar ini dipenuhi sampah maka akan menjadi sumber penyakit serta dapat mengganggu aktifitas jual beli.

“Pada kesempatan ini kami meminta agar masyarakat umum juga harus menjaga kebersihan lingkungan pasar mulai dari Blok A sampai D. Buanglah sampah pada tempatnya dan tetap menjadi teladan bagi diri sendiri”, ajaknya.

Ia berharap, kegiatan ini mendapat respon secara positif dari masyarakat umum secara khusus bagi para pedagang sehingga semuanya tetap semangat dan sehat dalam menjalankan aktifitas jual beli di pasar.

Untuk diketahui, selain pelayanan pemeriksaan golongan darah dari PMI Kabupaten MBD, juga dilaksanakan pemeriksaan asam urat, gula darah, kolesterol dan tekanan darah tinggi serta pemeriksaan umum yang dilayani tim medis UPTD. Puskesmas Non Rawat Inap Tiakur. (VQ)

Tinggalkan Balasan