Palang Kantor Camat Romang dan Desa Jerusu Telah Dibuka

Tiakur, EXPO MBD

Tepat tanggal 27 November 2022 lalu dilakukan palang kantor desa Jerusu dan Kantor Camat Pulau Romang kabupaten Maluku Barat Daya (MB) oleh kelompok masyarakat desa Jerusu, sebagai akibat belum dilantiknya Kepala Desa (Kades) terpilih, Lenerd Leklark Mozes. Pada tanggal 2 Desember 2022 oleh kelompok masyarakat tersebut kembali membuka palang dan aktivitas kantor Camat Pulau Romang sudah kondusif.

Hal ini disampaikan salah satu tokoh adat desa Jerusu Kecamatan Pulau Romang, Johanis H. Taluta ketika dikonfirmasi wartawan media ini usai bertemu Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ST di kediaman, Senin (05/12/2022). Ada kata sepakat bersama untuk menyelesaikan persoalan dimaksud.

Menurut Tokoh Adat, Johanis H. Taluta bahwa ternyata ini karena salah pemahaman antara Pemerintah Kecamatan dan Desa sehingga komunikasi tidak sampai ke masyarakat. Dimana, pelantikan Kades Jerusu direncanakan bersamaan dengan Kades Hila yang sementara berproses. Tetapi saat ini telah ada kesepakatan bersama, tanggal 13 Januari 2023 akan dilaksanakan proses pelantikan Kades Jerusu.

“Ini hanya masalah miskomunikasi, karena baik informasi Pemerintah Kecamatan dan Desa tidak sampai ke masyarakat saja. Kan soal pelantikan itu ada pada soal rencana dilantik bersama Kades Jerusu dan Hila, kemudian persiapan adat dan persiapan-persiapan di tingkat desa. Kami saat ini telah siap untuk menyambut prosesi pelantikan nantinya,” ungkap Taluta.

Sebagai tokoh adat, Johanis H. Taluta berharap kepada semua masyarakat desa Jerusu untuk mari bersatu hati, menyatu sehingga pada saatnya prosesi pelantikan adat dan pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Yang telah berlalu biarlah semua belajar untuk memulai prosesi penyambutan, pelantikan hingga usai dengan baik. (VQ)

Tinggalkan Balasan