Bupati Noach, Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Ke-115

Kisar, EXPO MBD

Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach pimpin upacara pembukaan pembukaan TMMD Ke-115 Kodim 1511/P. Moa di Kabupaten MBD Tahun Anggaran 2022, dengan tema “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” bertempat di lapangan Maka Desa Wonreli, Kecamatan Kisar Selatan, kabupaten MBD.

Dalam Amanat Bupati Noach bahwa, upacara pembukaan TMMD ke -115 Tahun 2022, merupakan bagian dari wilayah tugas dan tanggung jawab Kodim 1511/Pulau Moa, Korem 151/Binaiya, Kodam XVI/Pattimura. Sebagaimana kita ketahui bersama, program TMMD adalah kelanjutan program ABRI Masuk Desa yang telah dimulai sejak tahun 1980 selama 39 tahun.

TMMD telah berkesinambungan membantu pemerintah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memanfaatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” Ucapnya.

Lebih lanjut Noach mengatakan semua capaian tersebut, tentu tidak menghentikan jajaran TNI-AD, untuk terus melakukan evaluasi dan penyempurnaan, agar TMMD tetap relevan dan membawa manfaat nyata bagi masyarakat. Dalam kaitan itu, tahapan perencanaan TMMD menjadi tahapan yang sangat penting.

Menurut Noach, semua program TMMD haruslah berasal dari aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, tertinggal, terisolasi, wilayah perbatasan atau kawasan kumuh serta terkait dengan kebutuhan nyata masyarakat setempat yang harus segera dicarikan solusi atau pemenuhannya.

Dengan langkah dan pendekatan seperti itu, ada harapan TMMD tidak hanya dapat terus mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, tetapi juga pada gilirannya akan dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan landasan utama bagi terwujudnya ketahanan masyarakat yang makin tangguh.

“Pelaksanaan TMMD ke-115 meliputi kegiatan sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik antara antara lain pembangunan rumah tidak layak huni, pembuatan jalan setapak dan pembuatan bak penampung air. Sedangkan untuk sasaran non fisik yakni penyuluhan tentang bahaya Narkoba bagi generasi muda, penyuluhan di bidang perikanan bagi nelayan, penyuluhan pertanian, penyuluhan tentang bencana alam, penyuluhan tentang lingkungan hidup serta penyuluhan stunting dan Covid-19,” ujarnya.

Untuk itu jadikan masyarakat sekitar sebagai saudara dan keluarga, dengan turut tinggal di rumah rumah penduduk selama kegiatan TMMD ini, jadikan mereka sebagai orang tua serta jadikan rumah warga layaknya rumah sendiri. Bangun kebersamaan dengan ikut merasakan suka duka sebagai layaknya sebuah keluarga. Dengan demikian terjalin hubungan kekeluargaan dan menjadi pilar utama kemanunggalan TNI – Rakyat.

TMMD diharapkan membawa manfaat nyata bagi masyarakat sehingga terjalin hubungan kekeluargaan yang sesungguhnya sekaligus menjadi pilar utama kemanunggalan TNI – Rakyat. TMMD tidak hanya mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, tetapi juga dapat memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, yang merupakan landasan utama bagi terwujudnya ketahanan masyarakat yang makin tangguh,” Pungkasnya. (VQ)

 

 

Tinggalkan Balasan