Noach Lantik BPD Kaiwatu dan 3 Kades Moa

Kunci Keberhasilan Desa Bukan Kepintaran Tapi Rendah Hati

Tiakur, EXPO MBD

Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Benyamin Thomas Noach, ST melantik Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kaiwatu dengan Surat Keputusan (SK) Bupati MBD Nomor : 141-316 tahun 2022 dan Kades Moain, Kades Klis dan Kades Kaiwatu Kecamatan Moa dengan SK Bupati MBD Nomor : 141-128 Tahun 2022. Acara pelantikan berlangsung di gedung serbaguna Tiakur, Senin (03/10/2022).

Bupati Noach mengatakan kunci keberhasilan pembangunan di tingkat desa bukan karena kepintaran tetapi karena rendah hati. Ada niat untuk mendengar dan ada keinginan untuk bertanya dapat memastikan kepemimpinan yang berhasil. Tetapi ketika merasa hebat sehingga tidak lagi mendengar, maka akan menghentarkan pada kegagalan.

“Orang berhasil itu bukan karena pintar tapi rendah hati. Mau mendengar dan mau bertanya pasti bisa, tapi kalau orang sudah mulai merasa hebat, merasa tahu semuanya tidak mau lagi bertanya, tidak mau dengar pendapat orang, itu jalan-jalan menuju kebinasaan. Kepala desa tidak mau lagi dengar kepala soa, BPD, tidak mau dengar macam-macam, terakhir gertak-gertak ini tidak boleh terjadi,” ungkapnya.

Pasalnya, jabatan itu amanah yang harus dijaga dan dirawat dengan baik sebab tugas dan pengabdian ini sebagai amanah. Pelaksanaan panggilan seyogianya harus dilaksanakan dengan tulus dan takut akan Tuhan. BPD juga diharapkan dapat melaksanakan fungsi pengawasan dengan baik dan penuh rasa tanggungjawab.

Hari ini kabupaten MBD memiliki angka kemiskinan yang tinggi, sehingga dibutuhkan kerjasama untuk memperbaiki data kemisikinan tingkat desa sampai tingkat kabupaten. Sehingga desa juga memilki data yang benar untuk kemudian dilakukan intervensi program dari tingkat desa maupun kabupaten agar cepat dan tepat, ucapnya.

Bupati Noach berharap Kepala Desa dan BPD yang baru dilantik dapat membangun sinergitas dengan baik, agar dapat memberdayakan Sumber Daya. Dapat memanfaatkan dan mengelola  sumber daya manusia (SDM) maupun sumber daya alam (SDA) yang dimiliki guna membantu menekan inflasi. (VQ)

Tinggalkan Balasan