Lakor Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah

Lakor, EXPO MBD

Untuk pengendalian laju inflasi yang dilakukan juga oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) melalui Dinas Pertanian menggelar pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah yang terpusat di lokasi pertanian desa Lolotuara, Kecamatan Lakor, Kabupaten MBD sebagai tuan rumah, Selasa (20/09/2022).

Wakil Bupati (Wabup) MBD, Drs. Agustinus Lekwarday Kilikily, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) secara serentak dilaksanakan 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku. Pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah mendukung GNPIP juga sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut Wabup Kilikily menjelaskan, Pencanangan Gerakan Menanam Cabai dan Bawang Merah di Kabupaten MBD dengan total luas lahan sebesar 27,1 hektar berasal dari anggaran yang bersumber pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Maluku. Kelompok pertanian Pulau Lakor mendapat kesempatan mengelola lahan untuk sebesar 13 hektar.

Pada kesempatan itu, Wabup Kilikily juga menyerahkan bantuan alat pengolahan hasil bawang merah kepada kelompok tani Bintang Timur dan kelompok Ralmida Desa Yamluli serta kelompok Kwantil Berkarya Desa Kokwary. Ada juga penyerahan Prasasti pekerjaan jaringan irigasi kegiatan DAK dan DAU Tahun 2022 untuk Kelompok Tani Ralmida Desa Yamluli dan kelompok Sejahtera Desa Letoda. (NK)

 

Tinggalkan Balasan