Gandeng Kementan, DPR RI Gelar Bimtek di MBD

Tiakur, EXPO-MBD

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggandeng Balai Besar Vertenier Maros Kementerian Pertanian (Kementan) RI, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Manajemen Peternakan dan Kesehatan Hewan tahun 2022 di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Kegiatan ini berlangsung di gedung serbaguna Tiakur, Rabu (18/05).

Anggota Komisi IV DPR RI, Saadiah Uluputty, menuturkan dengan BIMTEK ini dapat memberikan informasi terbaru dan skil ketrampilan manajemen hewan ternak di Kabupaten MBD. Sebab Kabupaten MBD memiliki komoditi unggul seperti Kerbau Moa, Kambing Lakor, dan Domba Kisar.

Dirinya mengakui, kehadirannya bersama pihak Balai Besar Vertenier Maros Kementerian Pertanian menjadi satu instrumen untuk bertemu dengan para peternak guna mendengar aspirasi dari mereka serta persoalan-persoalan dan permasalahan seputar peternakan. Menjadi  untuk diperjuangkan baik itu sarana prasarana secara teknis serta kesiapan regulasi yang harus ditata dan diperbaiki.

Usulan secara Nasional, menurut Uluputty, sudah ditetapkan plasma Nutfa di Kabupaten MBD khusus Kerbau Moa. Baiknya diusulkan selain daerah asal bibit, menetapkan daerah sumber bibit di MBD khusus kerbau Moa sehingga ditetapkan Kementerian agar menjadi perhatian.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Veteriner Maros Kementerian Pertanian RI, Risman Mangidi, menuturkan pihaknya dipercayakan sebagai Satker pelaksanaan BIMTEK. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari Anggota DPR RI Komisi IV.

“MBD belum sama sekali kami kunjungi. Hari ini kami sudah mendengarkan dan melihat sendiri terkait keberadaan Kerbau Moa, Domba Kisar dan Kambing Lakor, yang dimana potensi ini sangat besar sehingga kami akan mencatat dan mendengarkan apa yang disampaikan dalam BIMTEK ini,”tutur Risman.

Olehnya itu, kata Risman, pihaknya bakal mencoba mengembangkan potensi Peternakan di MBD terutama pengembangan dari Kerbau Moa, Domba Kisar dan Kambing Lakor, namun melalui beberapa tahapan-tahapan yang akan disiapkan.

“Kita tidak bisa laksanakan sendiri namun membutuhkan dukungan dan sport Komisi IV DPR RI. Kami yakin keberadaan Ibu Saadiah Uluputty yang adalah wakil Rakyat asal Maluku ini bisa memberikan kami motivasi dan dorongan serta mendampingi kami sehingga kita dapat mengembangkan Kerbau Moa di MBD,” pungkasnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan