SDN Tiakur, Sekolah Pertama Sosialisasi Vaksin Anak

Tiakur, EXPO MBD

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tiakur, menjadi sekolah pertama di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) untuk sosialisasi vaksin bagi anak SD, Senin (24/01). Kegiatan literasi covid dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan kearsipan serta di dukung oleh Forum Kalwedo Peduli Pendidikan (FKPP) kabupaten MBD. Secara nasional vaksinasi sudah dilaksanakan pada bulan desember 2021 lalu.

Sosialisasi vaksin untuk anak usia 6-11 tahun ini langsung kepada anak-anak SDN Tiakur yang berjumlah kurang lebih 642 siswa. Dengan mengusung Tagline “Beta Anak Berani, Berani Vaksin, Berani Lawan Corona”, vaksin yang digunakan untuk anak yakni vaksin Sinovac. Telah mendapat izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) dan dipastikan aman.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten MBD, M. A. Sarak, AMK, S.KM, M.Kes dalam arahannya pada acara literasi Covid dan sosialisasi vaksin bagi anak di SDN Tiakur menyampaikan bahwa ini merupakan program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mengembangkan literasi. Sebab sekarang semua wajib untuk paham tentang literasi.

Menurutnya literasi adalah kemampuan membaca, menulis, menghitung, menganalisa dan memutuskan. Sehingga saat ini ada dalam program literasi covid. Karena kondisi pandemic covid, pemerintah telah menyediakan vaksinasi atau imunisasi untuk mencegah terpapar virus corona. Kemarin vaksin hanya untuk orang dewasa, tetapi hari ini sudah disiapkan untuk anak-anak SD.

Anak-anakĀ  SD untuk usia 6-12 tahun di Jakarta dan di Ambon sudah di vaksin atau imunisasi covid, tinggal saja anak-anak MBD yang belum. Anak-anak MBD juga tidak boleh kalah, maka mestinya sehat dan hebat dengan mendapatkan vaksinasi, ungkap Kadis Sarak.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah (Kepsek) SDN Tiakur, Tabita Tiauw, S.Pd dalam arahannya juga mengatakan bahwa harusnya anak-anak MBD harus menjadi anak-anak yang sehat, tangguh dan cerdas dengan mendapatkan vaksin sinovac. Karena selain bermanfaat bagi diri sendiri juga bermanfaat bagi orang lain, secara tidak langsung menjaga lingkungan terdekat dari virus.

Ungkapan terima kasih disampaikan kepsek SDN Tiakur, Tabita Tiauw, S.Pd kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan serta FKPP kabupaten MBD yang sudah boleh memberikan edukasi kepada anak-anak di sekolah tentang pentingnya vaksinasi. Karena vaksin covid aman untuk anak usia 6-11 tahun dan dapat merangsang kekebalan. (VQ)

Tinggalkan Balasan