Kesan dan Pesan Wisudawan Magister Agribisnis Unpatti

Tiakur, EXPO MBD

Prosesi wisuda Universitas Pattimura (Unpatti) periode Agustus 2021 menjadi momentum paling bahagia bagi para wisudawan-wisudawati. Khususnya untuk wisudawan-wisudawati Magister (S2). Dalam prosesi sakral tersebut, Reyn Kainama dari lulusan pasca sarjana Unpatti program studi agribisnis mewakili menyampaikan sambutan.

Menurutnya, baru dalam benak saja masih menjadi mahasiswa dan mahasiwi yang sibuk mengumpulkan data, menyiapkan jurnal atau sekedar mengejar tanda tangan dosen pembimbing, penguji bahkan pengelola program. Hingga terkadang ada rasa putus asa, tetapi puji Tuhan telah ditetapkan sebagai wisudawan-wisudawati dengan gelar yang didambakan.

Dikatakannya, bersyukur juga bahwa meskipun ditengah situasi global pandemi Covid-19, pendidikan magister yang ditempuh dapat ditempuh dengan sistem online. Keterbatasan jaringan internet, kondisi perkuliahan online yang tidak stabil serta kesibukan, menyebabkan permasalahan perkuliahan online menjadi sebuah tantangan baru.

Dengan kesiapan dosen dan pengelola program serta semangat dan komitmen yang tinggi semuanya dapat berbuah hasil yang manis. Terima kasih sebesar-besarnya untuk orang tua, keluarga, termasuk keluarga besar Universitas Pattimura terlebih khusus keluarga besar pasca sarjana agribisnis. Meliputi pimpinan, staf, dosen dan semua yang terlibat atas segala jasa yang besar, ungkap Kainama.

Ucapan terima kasih juga buat pemerintah daerah Maluku Barat Daya (MBD), yang telah memulai program kerjasama magister agribisnis ini. Dukungan dana dan fasilitas lainnya, sehingga pelaksanaan perkuliahan sampai wisuda dengan segala baik, tuturnya.

“Saat ini perlu menjaga kebaikan dan jasa almamater untuk tetap menunjukan bahwa kita adalah orang-orang yang bermetal tangguh, berkepribadian teladan dan dapat diandalkan untuk meraih kesuksesan dimanapun kita berada. Saya bangga menjadi bagian dari lulusan Unpatti,” ucapnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan