DLH Berencana Olah Sampah Organik Jadi Berkat

Tiakur, EXPO MBD

Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dalam perencanaannya untuk kemudian di tahun 2022 nanti, mengelola limbah sampah organik jadi berkat. Membuat pupuk kompos atau pupuk organik, jadi bagian dari makanan dan minuman serta penyediaan energy biogas. Dengan dana yang hemat diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan sisa buangan limbah sampah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dalma Eoh, SP ketika ditemui awak media diruang kerjanya, jumat (20/08). Perencanaan ini akan terintegrasi dengan pemerintah desa sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan sektor pertanian, industri dan dipakai komersil. Melalui pemanfaatan pengolahan ini diharapkan perkonomian masyarakat semakin baik.

Menurut Dalma begitu sapaan akrabnya, sebagaimana diketahui sampah organic dapat dijadikan pupuk kompos. Namun sangatlah disadari bahwa dibutuhkan pengetahuan tentang cara pengolahannya sehingga dapat dimanfaatkan untuk sektor pertanian. Sebab dibutuhkan ketelatenan dan melalui tahapan yang tepat dan benar.

Dikatakannya, menggunakan pelarut Eco Enzyme untuk mengolah sampah organik sehingga dapat dijadikan berbagai hal dan jadi bagian dari makanan maupun minuman. Diharapkan dapat menekan pembuangan sampah yang semakin meningkat dalam jumlah banyak dan besar. Pengelolaan sampah adalah langkah awal yang efektif sebagai wujud kecintaan dan kepedulian pada lingkungan.

Ada beberapa daerah di kabupaten MBD yang memiliki banyak ternak. Sampah organik berupa kotoran ternak dapat dijadikan pula untuk membuat biogas. Sehingga mencoba mereduksi kotoran ternak untuk mendapatkan gas sebagai pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM). Salah satu jenis energy alternatif dan terbarukan, ungkap Dalma.

“Lebih baik hidup dari sampah daripada hidup menjadi sampah. Lewat sampah pula kiranya masyarakat dapat mengubah kehidupan ekonomi keluarga, karena dibalik sampah berbau busuk ternyata menjanjikan. Dengan demikian juga dapat mengubah kebiasaan dan budaya sehingga sampah tidak menumpuk. Baginya, sampah akan membawa berkat,” ucapnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan