Desa Klis Terpilih Sebagai Desa Cantik

Klis, EXPO MBD

Berdasarkan hasil seleksi dari usulan 500 Satuan Kerja (Satker) Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten/kota diseluruh Indonesia ada kategori 100 desa Cinta Statistik (Cantik). Desa Klis, kecamatan Moa kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)  merupakan salah satu desa yang terpilih menjadi desa prioritas pembinaan percepatan desa Cantik.

“Terpilihnya desa Klis sebagai desa Cantik, bukan kita ambil-ambil saja tetapi lewat proses seleksinya. Maka diperoleh 100 desa prioritas yang dilakukan pembinaan melalui percepatan desa Cantik, dan desa Klis adalah salah satunya,” ungkap Kepala BPS kabupaten MBD, Barbalina. W. Ch. Masela, SE dalam laporannya pada pencanangan desa Cantik di balai desa Klis, senin (09/08).

Menurutnya, usulan pengajuan memperhatikan format pengajuan antara lain ketersediaan perangkat komputer, akses internet, tingkat pendidikan aparatur desa, ketersediaan monografi data profil desa yang terupdate dan adanya komitmen kuat pemerintah desa. Berdasarkan semua ini dan lewat dukungan pemerintah kabupetan MBD desa Klis diusulkan sebagai calon desa Cantik.

Dikatakannya, dengan terbitnya keputusan BPS RI Nomor : 130 tahun 2021 tentang program percepatan pembinaan statistik sektoral 100 desa cantik tahun 2021, yang memuat nama desa Klis bersama 99 desa di seluruh Indonesia sebagai desa Cantik. Pembinaan sektoral 100 desa Cantik yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) BPS tahun 2021.

Gambaran umum terkait program desa Cantik dan pentingnya tata kelola data desa, menggali informasi kebutuhan data desa. Tahap selanjutnya akan masuk pada pembinaan terkait teknis dimulai dari pembinaan membuat rancangan sampai dengan pembinaan dalam pengolahan data, pembuatan analisis dan publikasi, tuturnya.

Semoga program desa Cantik dapat terlaksana dengan baik, dan pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi daerah, bangsa dan Negara. (VQ)

Tinggalkan Balasan