Jika Terpilih “Kalwedo” Bentuk Organisasi Buruh Yang Legal

Kaiwatu, EXPO MBD

Pasangan Nikolas Johan kilikily dan Desianus Orno dengan akronim “Kalwedo” berjanji ketika Tuhan berkenan dan nantinya terpilih, pada pemilihan bulan desember mendatang. Akan membentuk organisasi buruh pelabuhan yang legal. Sederhana saja karena dapat membantu kaum buruh pelabuhan dalam menunjang perolehan pendapatan.

Pasangan akronim “Kalwedo” diberikan kesempatan bertatap muka langsung dengan kaum buruh di pelabuhan laut pada bilangan kaiwatu belum lama ini. Saat itu ada komitmen untuk kelak mendorong diterbitkan Peraturan Daerah (Perda) kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), mengatur standarisasi pihak pengusaha dan buruh. Semuanya bertujuan agar buruh tidak dirugikan.

Organisasi buruh pelabuhan yang legal nantinya akan menjadi elemen penting dan tidak dipandang sebelah mata. Karena itu kaum buruh pelabuhan Kaiwatu harus menjadi ujung tombak perputaran ekonomi di kabupaten MBD. Terkadang kaum buruh dipandang sebelah mata, namun aktifitasnya adalah sebagai penopang ekonomi masyarakat.

Karena pada kenyataannya, masih banyak dari kaum buruh yang hidupnya tergolong jauh dari kata sejahtera menyangkut kehidupan sosial ekonomi. Kerasnya hidup dalam memperjuangkan kehidupan yang lebih baik tentu butuh pengorbanan yang tidaklah mudah. Kemampuan otot dan tenaga menjadi andalan, sedangkan penghasilannya tidak menentu.

Ketidakpastian penghasilan membuat buruh pelabuhan terakadang kesulitan dalam mengatur ekonomi. Pekerjaan sebagai buruh dipandang sebagai pekerja bawahan yang tidak memiliki jaminan di hari tua. Apabila berhenti bekerja tidak mendapatkan pesangon. Dengan kondisi ini, ada rentan mengalami masalah ekonomi. Sehingga diperlukan stategi adaptasi yang baik dan tepat. (VQ)

Tinggalkan Balasan