Pembangunan Pasar Tiakur dan Wonrely Senilai Rp. 7 Miliar

Tiakur, EXPO MBD

Kondisi pasar rakyat di kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), belum representatif dan perlu revitalisasi karena termakan usianya. Memungkinkan ruang untuk dilakukan pembangunan pasar baru di kota Tiakur pulau Moa dan Wonrely pulau Kisar. Dengan total anggaran kurang lebih senilai Rp. 7 Miliar, dari rencana anggaran awalnya sebesar Rp. 14 Miliar.

Hal ini disampaikan kepala dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM kabupaten MBD, M. J. Untajana, SE kepada EXPO MBD di ruang kerjanya, senin (13/07). Pengurangan nilai anggaran dari awal rencana pembangunan tersisa Rp. 7 Miliar karena kondisi perndemik virus korona. Tetapi tidak mengurangi upaya merawat eksistensi pasar sebagai penggerak ekonomi.

Menurut Untajana, perencanaan pembangunan pasar Tiakur itu dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui anggaran Tugas Perbantuan (TP) tahun ini (2020 Red). Awalnya dianggarkan senilai Rp. 6,3 Miliar, setelah mengalami pengurangan anggaran hanya senilai Rp. 3 Miliar.

Dikatakan Untajana, lain cerita dengan pembangunan pasar rakyat Wonrely pulau Kisar dibangun 2 lantai. Berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2020. Awalnya dianggarkan senilai Rp. 7,8 Miliar, setelah mengalami pengurangan hanya senilai Rp. 4 Miliar hanya dari DAU, DAK dihilangkan.

Pembangunan pasar rakyat Wonrely pulau Kisar, juga mengalami pengurangan. Maka perencanaan pembangunannya ada dalam 2 tahapan. Tahapan pertama pembangunan fisiknya mecapai 80% penyelesaian, sedangkan tahapan kedua akan dianggarkan tahun 2021. Diperuntukan untuk pengecatan, plafond dan pemasangan keramik.

Pembangunan pasar ini mempunyai tujuan yang tidak kalah pentingnya. Yakni membantu memperlancar penjualan hasil produksi, memudahkan memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan. Menyediakan beragam barang dan jasa, pasar juga sebagai sarana promosi untuk memperkenalkan serta menginformasikan suatu barang atau jasa pada konsumen, ulasnya mengakhiri. (VQ)

Tinggalkan Balasan