Program BSPS Untuk Peningkatan Kualitas 400 Unit Rumah

Tiakur, EXPO MBD

Pada tahun 2020 ini, awalnya kabupaten Maluku Barat Daya mendapat bantuan 300 unit rumah untuk peningkatan kualitas krennya rehabilatasi. Dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Satuan Kerja (Satker) Penyedia Perumahan propinsi Maluku dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Akan tetapi dalam perjalanannya ada nilai positif. Dimana pemerintah kabupaten MBD melalui dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman mampu menunjukan kinerja yang baik, sekalipun ditengah situasi pandemik virus korona. Olehnya diusulkan penambahan 100 unit rumah lagi melalui Satker Penyedia Perumahan propinsi Maluku melalui program BSPS.

Hal ini disampaikan kepala dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Reyn Kainama, ST saat diwawancarai di ruang kerjanya selasa (23/06/2020). Anggaran untuk rehabitasi rumah rakyat ini ada pada pulau 3 pulau, yakni pulau Kisar, Damer dan Moa.

Menurut Reyn, perincian anggaran untuk satu unit rumah sebesar Rp. 17,5 juta. Dan dari nilia tersebut sebesar Rp. 15 juta untuk material fisiknya dan Rp. 2,5 juta untuk upah pekerja atau tukang.

Dikatakan Reyn begitu akrab saat disapa, di pulau Damer sebanyak 157 unit yang terletak pada 4 desa. Yakni desa Wulur, Kehli, Ilih dan Kumur. Tahapan pendistribusian sudah selesai dan ada pada tahapan pelaksanaan pembangunan fisiknya. Lokasi yang ke-2 ada di pulau Kisar sebanyak 143 unit, yakni desa Wonreli dan Lekloor. Masih dalam tahapan pendistribusian.

Dijelaskan Reyn, usulan penambahan 100 unit untuk kabupaten MBD, untuk saat ini dalam tahapan verifikasi. Dan untuk waktu yang tidak begitu lama akan ditetapkan dalam keputusan untuk preses pelaksanaan pendistribusian. (VQ)

Tinggalkan Balasan