Lolopaly, Kamolang Itu Jati Diri Orang Wetar

Tiakur, EXPO MBD

Kamolang itu adalah jati diri orang wetar. Namun sangatlah disayangkan kalau sampai dengan saat detik ini, sedikit yang belum memahami tentang kamolang. Sakalipun besok bumi ini akan kiamat kamolang tidak pernah berlalu. Sebab kamolang merupakan salah satu ciptaan Tuhan sejak bumi ini dijadikan, hadir untuk melihat ketidakbenaran dan ketidakadilan.

Hal ini disampaikan Yesry Lolopaly, SH ketua Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) saat diwawancarai di kediamannya di Tiakur, kabupaten MBD minggu (05/07/2020). Kamolang merupakan ciri khas dari orang Wetar dan telah menyatu dari zaman dahulu kala hingga kini.

Menurut Yesry begitu sapaan akrab anggota DPRD asal pulau Wetar ini. Kamolang telah menyatu dengan jiwa raga, dan ada bagi setiap anak dara perjuangan demi mengharumkan nama baik. Sebab dulu namanya kurang enak didengar sekarang sudah enak didengar. Terkandung emas dan tembaga yang memberi hidup jutaan orang.

Dikatakan Yesry, tambangnya dibuka dan diambil harta karunnya sejak tahun 1987 sampai sekarang, terima kasih Tuhan Yesus atas sang pemberi hidup. Kalau saja kamolang hadir sebagai ancaman nyawa, maka dapatkah ditunjukan berapa orang yang meninggal karenanya. Jika ada yang sempat meninggal, mestinya ada introspeksi diri.

Ulas Yesry, sebab Wetar merupakan pulau murni dan suci. Setiap pulau dimanapun berada tentu memiliki ciri khas yang berbeda, inilah ciri khas Wetar yang berbeda dan itulah Indonesia. Bhineka tunggal ika “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Pesan buat regenerasi penerus bangsa yang terlahir dan dibesarkan dari Nusa Laon, nusa kamolang “pulau Wetar”, tunjukan dan buktikan bahwa Wetar itu ada dibelahan kecil Indonesia. Berikan penghormatan atas kebodohan masa lalu dan perubahan dimasa kini dan akan datang. Jati dirimu adalah harga diri bangsa. (VQ)

Tinggalkan Balasan