Pemdes Ilih Buka Jalur Pendakian Ke Gunung Buarlaly

Damer, EXPO MBD

Pemerintah Desa (Pemdes) Ilih melihat keberadaan Gunung Api Buarlaly yang berada di Kecamatan Damer sebagai potensi luar biasa yang dapat ditawarkan sebagai objek wisata alam di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Hal ini disampaikan Kepala Desa Ilih, Chau Demny dalam peresmian jalur pendakian gunung Buarlaly dengan titik start dari Desa Ilih.

Demny mengatakan, keberadaan Gunung Api Buarlaly harusnya dikembangkan menjadi objek wisata yang bisa dikelola menjadi sumber ekonomi baru masyarakat.

“Kami sangat yakin bahwa rencana ini pasti dilirik dan diminati banyak orang baik lokal maupun mancanegara”, ungkap Demny optimis.

Ia merincikan, Gunung Buarlaly terletak di Pulau Damer dengan jarak dari desa sampai ke puncak gunung mencapai 2500 m dengan ketinggian 868 mdpl / 3.800 kaki dari dasar laut.

“Para pendaki akan menikmati indahnya Gunung Buarlaly dengan alamnya yang subur dan rimbun serta mereka juga akan mengamati belerang dan titik panas yang masih ada hingga saat ini”, katanya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, jalur menuju puncak Gunung Buarlaly ada 4 titik  peristirahatan yang disiapkan Pemdes sehingga dapat digunakan para pendaki.

Ia menambahkan, beberapa fasilitas tambahan akan disiapkan pemerintah desa dan akan membangun kerjasama dengan berbagai pihak serta melakukan promosi sehingga makin dikenal dan diketahui masyarakat luas.

Ia meyakini, potensi wisata ini akan direspon positif banyak orang dan apabila itu terjadi maka sudah tentu akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Ilah maupun Damer secara keseluruhan.

“Kalau banyak orang datang disini maka pasti ada perputaran uang di desa minimal ada jajanan dan makanan maupun homestay yang dapat dibelanjakan para wisatawan”, jelasnya.

Ia mengatakan, untuk sementara Pemdes Ilih sedang bekerjasama dengan Persekutuan Mahasiswa Damer Ambon (P3MD) yang sama-sama punya komitmen mengembangkan wisata Gunung Buarlaly.

Ia berharap, rencana dan niat baik ini dapat berjalan dengan baik dan pada waktu-waktu mendatang hasilnya dapat dirasakan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Camat Damer, Jonias D. Iwamony, ST dalam arahannya mengatakan, Pemerintah Kecamatan Damer memberikan support dan mendukung seratus persen destinasi wisata Gunung Buarlaly.

“Desa Ilih merupakan salah satu desa di Kecamatan Damer yang  pertama membuka wisata Gunung Buarlaly yang dapat menjadi ikon wisata baru di Damer”, ungkapnya.

Ia berharap, enam desa yang lain yang ada di Pulau Damer dapat membuka jalur pendakian menuju destinasi baru Gunung Buarlaly di wilayah kecamatan damer sehingga banyak pilihan bagi para pendaki yang akan ingin ke puncak Gunung Buarlaly.(Tim)

Tinggalkan Balasan