Dinas Perpustakaan dan Kearsipan MBD Gelar Pembinaan Pengawasan Kearsipan Dinamis

Tiakur, EXPO MBD

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menggelar Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan Dinamis bagi Kasubag Umpeg dan Admin melalui aplikasi Srikandi Pemerintah Kabupaten MBD. Bertempat di kantor Perpustakaan dan Kearsipan, Kamis, (04/04/2024).

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda kabupaten MBD, Drs. Yafet Lelatobur menyampaikan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengelolaan arsip di lingkungan pemerintahan. Peserta dilatih tentang praktik terbaik dalam pengelolaan arsip digital, termasuk keamanan informasi dan retensi data.

Pelatihan ini mencakup pemahaman tentang regulasi terkait kearsipan yang berlaku, sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan keterampilan staf administrasi dalam mengelola arsip secara efektif dan sesuai dengan standar kearsipan yang ditetapkan, ungkapnya.

Bagi Lelatobur, keberhasilan sebuah organisasi tidak terlepas dari arsip. Karena arsip tidak hanya sekedar kumpulan dokumen atau informasi tetapi juga merupakan jembatan yang menghubungkan masa lalu kini dan masa depan.

“Dunia digital pengelolaan kearsipan menjadi semakin kompleks, namun hal ini juga membuka peluang baru untuk meningkatkan efisiensi dan transparan informasi teknologi modern yang memungkinkan kita untuk menyimpan mengatur dan mengelola arsip dengan lebih baik”ungkapnya.

“Mari kita hargai nilai-nilai yang terkandung dalam kearsipan, sebab dari arsip kita belajar dari kesalahan masa lalu untuk memahami sejarah organisasi dan membuat keputusan yang lebih baik demi masa depan,”ajaknya.

Oleh karena itu Lelatobur menegaskan tugas sebagai pemangku kepentingan adalah menjaga integritas dan keterbukaan arsip serta memastikan bahwa tetap relevan dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang. Maka diperlukan kolaborasi atara departemen dan instansi pemerintah dan pengguna kearsipan menjadi kunci, tegasnya.

Mengakhiri sambutannya, atas nama Pemerintah kabupateb MBD mengucapkan terima kasih kepada semua stakeholder yang telah berkontribusi dalam pengelolaan kearsipan

Dan mari melanjutkan perjuangan ini demi masa depan yang lebih baik. Harapannya semoga pertemuan ini memberikan wawasan inspirasi tentang kearsipan. (VQ)

Tinggalkan Balasan