PDAM MBD Pakai Pipa Bekas Atasi Kebocoran

Tiakur, EXPO MBD

Bagai tidak kenal lelah, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kalwedo Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) kembali melakukan pergantian dengan menggunakan pipa bekas untuk mengatasi kebocoran pipa pada jalur utama.

Kali ini harus dipotong dan diganti jalur instalasi pipa pada jalur utama, sebab sudah berada tepat dibawah bangunan pangkalan Bahan Bakar Minyak (BBM) puncak Tiakur. Pekerjaan ini dilakukan sehari hingga malam menjelang, bahkan kalau pekerjaan belum selesai dikerjakan pagi berikutpun menjemput.

“Pipa ini mengalami kebocoran karena termakan usia, namun sulit juga untuk kami PDAM Tirta Kalwedo melakukan perbaikan sebab berada tepat dibawah bangunan pangkalan BBM puncak Tiakur. Ini merupakan jaringan pipa utama,” kata Direktur PDAM Tirta Kalwedo Kabupaten MBD, Adam A. Lewier, SE kepada wartawan disela-sela pekerjaan, Selasa (24/10/2023).

Kebocoran pipa pada jalur utama tepat dibawah bangunan pangkalan BBM puncak Tiakur, katanya merupakan salah satu kemudian ditambah dengan langkahnya BBM jenis solar menambah deretan penyebab sehingga pelayanan air bersih terganggu 1 minggu terakhir.

Ia menjelaskan bahwa pipa air yang bocor dipotong dan diganti jalurnya sehingga tidak lagi melewati atau tepat dibawah bangunan pangkalan BBM puncak Tiakur. Ini sebagai upaya untuk menekan tingkat kehilangan air. Dengan mengubah jalur pengontrolan pipa secara rutin lebih mudah. Pelayanan air bersih bagi masyarakat pelanggan lebih baik.

Harapannya, kepada masyarakat agar kedepan dalam persoalan pembangunan diupayakan sehingga ada koordinasi juga dengan pihak PDAM Tirta Kalwedo Kabupaten MBD sehingga kejadian seperti ini tidak lagi terjadi, dimana bangunan berada tepat diatas jaringan pipa. (VQ)

 

 

Tinggalkan Balasan