Proper Kadis Kominfo MBD, Penerapan e-office Hemat Anggaran

Tiakur, EXPO MBD

Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angakatan XXV Provinsi Maluku Tahun 2022, Kepala Dinas Komunkasi dan Informatika kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Weruhair A. A. Petrus, SE, menyiapkan proyek perubahan (Proper) penerapan e-office. Terobosan penghematan yakni meminimalisir anggaran daerah untuk administrasi kantor. Disampaikan dalam Focus Grup Discussion (FGD) di Ruang Serbaguna Bappeda belum lama ini.

Menurut Kadis Weruhair, setiap tahunnya Pemerintah Daerah menghabiskan anggaran yang cukup besar untuk administarsi perkantoran. Aplikasi ini merupakan terobosan guna penghematan anggaran daerah khususnya terkait untuk administrasi perkantoran, sehingga anggarannya dapat dialokasikan pada program kegiatan lain yang berdampak bagi pembangunan MBD.

“Diketahui bersama bahwa pada setiap tahun anggaran melalui APBD terbesar diperuntukan untuk ATK. Tentu akan berpengaruh pada setiap tahunnya, maka terobosan ini dikemas untuk sebuah penghematan. Sehingga anggaran daerah dapat digunakan untuk pelayanan-pelayanan lainnya,” kata Kadis Weruhair.

Sementara itu Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Ir. P. Y. Rupilu, M.Si menyampaikan bahwa e-office merupakan satu satu bagian dari inovasi yang telah dilaunching oleh Pemerintah Daerah pada tahun 2021 bersama dengan aplikasi MBD Satu Data. Sangat penting untuk dilaksanakan dalam penataan administrasi perkantoran.

“Proyek perubahan dari Kepala Dinas Kominfo merupakan salah satu bagian dari inovasi Dinas Kominfo yang telah dilaunching oleh Bupati MBD bersama MBD Satu Data yang harus dilaksanakan. Ini penting sekali untuk meminimalisir efesiensi anggaran dari sisi penataan administrasi perkantoran” ungkap Rupilu.

e-office akan dapat mempercepat tugas-tugas perkantoran di Kabupaten MBD, nantinya jika aplikasi ini diimplementasikan akan ada efisiensi waktu dan biaya. Untuk hal tersebut, FGD yang dilaksanakan ini butuh partisipasi dari para peserta FGD untuk penyempurnaan berupa  usul dan saran terkait dengan implementasi penerapan e-Office MBD, tutup Rupilu. (VQ)

Tinggalkan Balasan