Peringati HKG PKK Ke-50, Noach Ingin PKK Menggerakan Orang Lain

Tiakur, EXPO MBD

Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-50 Tahun 2022, tema “Berbakti Untuk Bangsa, Berbagi Untuk Sesama”. Kegiatan ini terlaksana di gedung serbaguna Tiakur, Selasa (04/10/2022). Bupati MBD, Benyamin Thomas Noach, ST mengatakan namanya Tim Penggerak PKK sehingga Tim PKK harus bergerak terus dan menggerakan orang lain.

Menurut Bupati Noach, dulu ada plesetan untuk PKK yakni perempuan kesana kemari untuk jalan-jalan saja, tetapi sekarang berbeda bahwa perempuan kesana kemari menggerakan dan bergerak bersama-sama dengan masyarakat untuk kesejahteraan keluarga. Kalau keluarga Indonesia sejahtera maka bangsa ini akan menjadi sejahtera juga, sebab kelompok terkecil itu keluarga.

Noach berharap bahwa Tim Penggerak PKK tidak menggurui masyarakat, tetapi bersama-sama dengan memberikan ilmu dan pengetahuan, mendampingi masyarakat untuk bersama-sama bergerak. Semua ini dimaksudkan agar dapat memberdayakan masyarakat. Saatnya turun untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten MBD, Relly Loblobly Noach saat membacakan sambutan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Pusat menyampaikan bahwa peringatan HKG PKK ke-50 tahun kali ini menjadi sangat istimewa, sebab merupakan tahun emas gerakan PKK Indonesia.

Pasalnya, sesuai dengan tema HKG PKK ke-50 Tahun 2022 harus menjadi tekad bersama bahwa Tim Penggerak PKK ingin mendedikasikan semua pengabdian dan kiprah gerakan PKK untuk ikut serta memajukan dan mensejahterakan masyarakat yang berarti juga untuk kemajuan negara dan bangsa Indonesia.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini, saya ingin PKK kembali sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga. Keluarga harus menjadi fokus perhatian untuk diberdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Apabila keluarga sudah diberdayakan sesuai potensi dan kebutuhannya, maka berpotensi memberdayakan masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, momentum peringatan HKG-PKK kali ini, juga harus mampu kita daya gunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Untuk melakukan hal itu, sudah ada instrumen manajemen kelembagaan dan program sebagaimana disepakati bersama dalam forum rapat kerja nasional atau rakernas ke-IX PKK tahun 2021,” ujarnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan