Komitmen Sekretariat Bawaslu MBD Sukseskan Tahapan Pilkada

Tiakur, EXPO MBD

Dalam rangka mewujudkan komitmen Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Pada semua tahapan Pemilihan Kepala Daearah (Pilkada) serentak tahun 2020, merupakan agenda penting yang harus disukseskan. Untuk itu sekretariat juga harus memiliki integritas, professional dan akuntabel terutama Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal ini disampaikan oleh koordinator sekretariat Bawaslu kabupaten MBD, Andes Udimera, S.Sos, M.AP ketika ditemui wartawan media ini di ruang kerjanya, selasa (20/10). Kesekretariatan juga harus paham terkait dengan fungsi dan tugas lembaga, tentang pengawasan dan pencegahan. Selain itu core business (Bisnis Utama) juga adalah penindakan pelanggaran bersifat konkrit dan dapat dihitung.

Menurut Andes begitu sapaan akrabnya, sekretariat Bawaslu kabupaten MBD tidak hanya selalu mengsupport anggaran serta pertanggungjawaban keuangan sesuai peraturan peundang-undangan yang berlaku. Akan tetapi harus belajar juga tentang ilmu pengawasan pemilu, dalam mendukung penuh tugas teknis dan operasional administrasi pendukung lainnya.

Dikatakannya, tugas sekretariat adalah bagaimana mengalokasikan anggaran yang mendukung pelaksanaan tugas pengawasan pilkada yang akuntabel. Sesuai dengan target, melalui langkah-langkah teknis yang dilakukan dengan melakukan perencanaan yang matang. Sehingga sangatlah penting dukungan optimal dari sekretariat untuk melaksanakan tugas dan fungsi pegawasan.

Memberikan dukungan administrasi dan teknis secara penuh, maka selaku koordinator sekretariat juga akan memaksimalkan seluruh potensi SDM di lingkup sekretariat kabupaten maupun kecamatan. Apalagi Pilkada tahun ini berbeda dengan biasanya, karena pandemik Covid-19. Mewajibkan semua harus menerapkan standart protokol Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah, ungkapnya.

Untuk itu, diharapkan agar semua masyarakat kabupaten MBD dapat melaksanakan protokol kesehatan. Ketika melakukan perjalanan jangan lupa memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan setiap saat. Ketika bepergian juga jangan lupa membawa hand sanitizer serta alat pembersih, sehingga terhindar dari bahaya Covid-19 saat ini, imbuhnya. (VQ)

Tinggalkan Balasan